Tentang Kami
Sejarah Ilmu Komunikasi
Didirikan pada tanggal 22 September 1988, dengan konsentrasi Public Relations dan Advertising, serta pada tahun 2016 menambah konsentrasi Broadcasting. Prodi Ilmu Komunikasi UMJ berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yang merupakan fakultas tertua di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Saat ini Prodi Ilmu Komunikasi telah menerapkan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejak tahun 2020 dan telah menorehkan banyak prestasi baik oleh mahasiswa maupun dosen di tingkat nasional maupun internasional.
VISI
Menjadikan Program Studi Ilmu Komunikasi  terkemuka, modern dan Islami yang dikenal unggul dalam catur darma perguruan tinggi di bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting.
MISI
1. Mengimplementasikan proses belajar mengajar dalam bidang Ilmu Komunikasi dengan menggunakan strategi dan sistem pembelajaran modern. 

2. Menetapkan program studi ilmu Komunikasi menjadi unggul serta mengembangkan kurikulum Public Relations, Advertising dan Broadcasting dengan pendekatan sistem sehingga diperoleh outcome yang mampu mengikuti kebutuhan industri. 

3. Proaktif dalam organisasi profesi dan kemasyarakatan serta mengkaji dan mencari penyelesaian permasalahan Public Relations, Advertising dan Broadcasting dengan pendekatan Islami. 
TUJUAN
Mencetak sarjana berwawasan Islam yang menguasai konsep teoritis bidang ilmu komunikasi secara umum dan Public Relations (Humas) dan Advertising (Periklanan) serta Broadcasting (Penyiaran), yang secara khusus memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. Memahami berbagai kajian ilmu komunikasi di bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting guna menghasilkan penelitian dan penciptaan ide kreatif yang dapat menjadi landasan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang komunikasi

2. Memahami sistem usaha komunikasi di bidang Public Relations, Advertising, dan Broadcasting sehingga mampu berkontribusi dalam industri komunikasi dan menjadi sumber daya manusia yang handal di bidangnya.

3. Kreatif dan inovatif, serta mampu berwirausaha dengan mengedepankan konsep kreativitas pada ilmu komunikasi bidang Public Relations, Advertising, Broadcasting dengan memanfaatkan teknologi terkini.



Profil Lulusan
1. Praktisi Komunikasi yang profesional dan Islami dalam bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting
Memahami berbagai kajian ilmu komunikasi dan sistem usaha komunikasi di bidang Public Relations khususnya Public Affairs, Advertising khususnya Creative dan Strategic Planning, serta Broadcasting khususnya Broadcast Content Creator sehingga mampu berkontribusi dalam industri komunikasi dan menjadi sumber daya manusia Islami yang profesional di bidangnya. 

2. Peneliti Komunikasi di bidang Public Relations, Advertising, dan Broadcasting
Memahami ilmu-ilmu komunikasi dan metode penelitian komunikasi sehingga mampu melakukan penelitian komunikasi di bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting. 

3. Wirausahawan Komunikasi berbasis kreatif
Kreatif dan inovatif, serta mampu berwirausaha dengan mengedepankan konsep kreativitas pada ilmu komunikasi dengan memanfaatkan teknologi digital.
Capaian Pembelajaran
Merupakan nilai-nilai yang akan didapatkan para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ada 4 pembagian capaian pembelajaran yaitu sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Dimana nilai-nilai tersebut akan didapatkan oleh para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta melalui proses belajar mengajar dan kegiatan kampus dari awal hingga akhir perkuliahan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Download Panduan
Struktur Prodi