Sabtu, 14 Januari 2023 telah
berlangsung sharing session Alumni Cerita Konsentrasi dengan tema “Career
Development in Public Relations, Advertising, and Broadcasting in The Digital
Era”. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Prodi Komunikasi
UMJ untuk melakukan sosialisasi peminatan atau konsentrasi, yang bertujuan
untuk memberi gambaran pada mahasiswa baru Ilmu Komunikasi UMJ tentang apa itu Public
Relations, Advertising dan Broadcasting di dunia industri. Acara ini
dilaksanakan di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ dan juga disiarkan langsung
secara online melalui akun youtube Komunikasi UMJ.
Alumni Cerita Konsentrasi
menghadirkan para narasumber para alumni Program Studi Ilmu Komunikasi UMJ yang
kini bekerja sebagai professional di bidangnya masing-masing yakni Rizky
Harisnanda, S.I.Kom (News Anchor CNN Indonesia), Hamidah Taqwa, M.I.Kom
(Digital Marketing Manager PT. Kepercayaan Informasi Terintegrasi) dan Tanaya
Shella J., S.I.Kom (Account Executive PT. Pixelcast Mantra Media) serta M. Fadli
Rachmawan, S.I.Kom (Sound Engineering NOICE).
Acara dibuka dengan sambutan
Wakil Dekan III FISIP UMJ Dr. Fal. Harmonis, M.Si, dilanjutkan oleh Ketua
Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si. Acara ini
dihadiri langsung oleh para dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ dan juga para
mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 secara offline dan mahasiswa Ilmu
Komunikasi 2021 secara online.
Para narasumber menyampaikan bahwa
memperbanyak pengalaman dan juga pertemanan dapat berguna bagi karir mahasiswa
ke depan. Mengikuti kegiatan di luar kampus seperti kursus online hingga
organisasi sangat disarankan oleh para narasumber untuk bisa bertahan di
lingkup pekerjaan industri komunikasi. Mereka juga menyampaikan bahwa attitude
menjadi salah satu hal penting yang harus dijaga karena pekerjaan bidang
komunikasi menyangkut hubungan dengan banyak orang hingga client yang
mana membutuhkan citra baik dari diri sendiri.
Diharapkan dengan adanya sharing
session ini, para mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 dan 2021 bisa
mendapat gambaran mengenai Advertising, Broadcasting dan Public Relations
untuk bisa memilih konsentrasi sesuai dengan passion mereka
(NK/OV/ILKOM).