Alumni Cerita Konsentrasi: Sharing Session Memilih Konsentrasi Sesuai Passion
Berita ilkom - 16 January 2023
Sabtu, 14 Januari 2023 telah berlangsung sharing session Alumni Cerita Konsentrasi dengan tema “Career Development in Public Relations, Advertising, and Broadcasting in The Digital Era”. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Prodi Komunikasi UMJ untuk melakukan sosialisasi peminatan atau konsentrasi, yang bertujuan untuk memberi gambaran pada mahasiswa baru Ilmu Komunikasi UMJ tentang apa itu Public Relations, Advertising dan Broadcasting di dunia industri. Acara ini dilaksanakan di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ dan juga disiarkan langsung secara online melalui akun youtube Komunikasi UMJ.
Alumni Cerita Konsentrasi menghadirkan para narasumber para alumni Program Studi Ilmu Komunikasi UMJ yang kini bekerja sebagai professional di bidangnya masing-masing yakni Rizky Harisnanda, S.I.Kom (News Anchor CNN Indonesia), Hamidah Taqwa, M.I.Kom (Digital Marketing Manager PT. Kepercayaan Informasi Terintegrasi) dan Tanaya Shella J., S.I.Kom (Account Executive PT. Pixelcast Mantra Media) serta M. Fadli Rachmawan, S.I.Kom (Sound Engineering NOICE).
Acara dibuka dengan sambutan Wakil Dekan III FISIP UMJ Dr. Fal. Harmonis, M.Si, dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si. Acara ini dihadiri langsung oleh para dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ dan juga para mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 secara offline dan mahasiswa Ilmu Komunikasi 2021 secara online.
Para narasumber menyampaikan bahwa memperbanyak pengalaman dan juga pertemanan dapat berguna bagi karir mahasiswa ke depan. Mengikuti kegiatan di luar kampus seperti kursus online hingga organisasi sangat disarankan oleh para narasumber untuk bisa bertahan di lingkup pekerjaan industri komunikasi. Mereka juga menyampaikan bahwa attitude menjadi salah satu hal penting yang harus dijaga karena pekerjaan bidang komunikasi menyangkut hubungan dengan banyak orang hingga client yang mana membutuhkan citra baik dari diri sendiri.
Diharapkan dengan adanya sharing session ini, para mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 dan 2021 bisa mendapat gambaran mengenai Advertising, Broadcasting dan Public Relations untuk bisa memilih konsentrasi sesuai dengan passion mereka (NK/OV/ILKOM).