Komunikasi Pemasaran di Era Digital dan Pentingnya Unique Selling Point
Berita ilkom - 11 February 2025
Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) dan Magister Ilmu Komunikasi (Mikom) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) terus berupaya membekali mahasiswanya dengan keterampilan yang relevan dengan tuntutan industri komunikasi digital. Sebagai wujud komitmen tersebut, kedua prodi secara rutin menggelar sarasehan dan seminar yang membahas berbagai aspek komunikasi digital yang kompetitif. Selain sarasehan dan seminar, prodi juga mendorong mahasiswa untuk aktif mengikuti pelatihan dan workshop yang diadakan oleh praktisi industri. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori di kelas, tetapi juga memiliki pengalaman praktis yang berharga. Adapun topik seminar kali ini yaitu “Komunikasi Pemasaran Strategis di Era Transformasi Digital” yang digelar di Aula Kasman Singodimedjo Gedung FISIP Lantai 4 UMJ, Tangerang Selatan, Banten (07/01/2025).  

Seminar yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB tersebut dibuka oleh Prof. Dr. Evi Satispi, M.Si selaku Dekan FISIP UMJ. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi acara tersebut dan mengatakan kegiatan ini termasuk kedalam proses pembelajaran perkuliahan. Acara ini dihadiri oleh Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si selaku Kaprodi Ilkom dan Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom selaku Kaprodi Mikom UMJ, sejumlah dosen, khususnya dari Prodi Ilkom dan Mikom, serta para mahasiswa. Adapun tujuan dari seminar ini antara lain dapat menambah wawasan mahasiswa terkait komunikasi pemasaran digital di dunia kerja sebagaimana yang disampaikan para praktisi, sekaligus dapat mendorong motivasi belajar untuk bekal menghadapi tantangan di dunia kerja nanti.

Dalam seminar yang responsif terhadap dunia kerja komunikasi digital, sejumlah pakar hadir untuk berbagi wawasan. M. Arifin Purwakananta dari BAZNAS RI, yang juga mahasiswa Prodi MIKOM UMJ, turut menjadi pembicara bersama Wairis Soleh dari BERAKAR, M. Sobirin dari BSI Maslahat, dan Burhan Abe, mereka memberikan perspektif beragam tentang komunikasi pemasaran. Agus Hermanto bertindak sebagai moderator, memandu diskusi yang menggali strategi efektif di tengah persaingan ketat. Wairis Soleh menyoroti pentingnya kreativitas dalam produksi iklan, menekankan unique selling point sebagai kunci keberhasilan komunikasi pemasaran. 

Acara sarasehan mengenai komunikasi pemasaran strategis di era transformasi digital, hasil kolaborasi antara Prodi Ilkom-Mikom FISIP UMJ, BAZNAS, dan BSI Maslahat sukses memikat perhatian banyak pihak. Antusiasme peserta terlihat dari jumlah kehadiran yang signifikan dan keaktifan mereka dalam sesi tanya jawab. Seminar ini menjadi bukti nyata antara akademisi dan praktisi dalam menghadapi tantangan dunia komunikasi yang terus berkembang. Kerjasama dengan BAZNAS dan BSI Maslahat memberikan nilai tambah, menghubungkan strategi komunikasi dengan tanggung jawab sosial. Para peserta juga memperoleh wawasan baru dan solusi praktis untuk mengoptimalkan komunikasi pemasaran di era digital. Kesuksesan acara ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang terus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu komunikasi di UMJ. (TO/ILKOM)