Belajar Menangani Krisis Public Relations Bersama Praktisi dari Industri
Berita ilkom - 22 November 2022
22 Oktober 2022 tepatnya di Auditorium Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Ilmu Komunikasi UMJ Kembali mengadakan pembelajaran. Menghadirkan praktisi mengajar yaitu Metha Tri Rizka seorang yang ahli dibidang Media Relations, Community Relations Communication & Negotiation, Corporate Comunications, dan Partnership. Beliau saat ini bekerja pada multinational company yaitu IKEA sebagai Communication dan Public Relations Manager. Dalam kesempatan praktisi mengajar kali ini akan membahas “How to Deal with PR Crisis” dengan membuat strategi Public Relations serta pengelolaan issue dan krisis dalam komunikasi. Walaupun pembelajaran membahas seputar PR, seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan berbagai konsentrasi dapat menghadari pembelajaran oleh praktisi mengajar ini.
 
Dalam pembelajaran terhadap mahasiswa praktisi mengajar Metha Tri Rizka memaparkan pentingnya bagi seorang PR memiliki sense of crisis dan mengidentifikasi masalah apakah itu merupakan crisis atau bukan, karena tidak setiap isu merukapan crisis. Beliau memberikan gambaran real kejadian pada perusahaan dan bagaimana biasanya PR membuat strategi menangani isu ataupun crisis tersebut. Disampaikan juga bahwa penting bagi sebuah tim perusahaan untuk sejalan dengan apa yang sudah disepakati terhadap strategi yang dibuat oleh PR perusahaan. Pada pembelajaran ini Mahasiswa cukup antusias dengan memberikan pertanyaan yang menarik mengenai beberapa isu perusahaan yang belum lama terjadi. Mereka ingin mengetahui dan mendapat gambaran apa yang dilakukan oleh PR sebuah perusahaan pada saat menangani crisis yang viral tersebut. Kemudian mahasiswa turut diajak berdiskusi dengan diberikan penugasan singkat mengenai PR crisis dan bagaimana mereka dapat menangani crisis tersebut sebagai seorang PR. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat berpikir kritis dan berani mengambil keputusan. Diadakannya pembelajaran oleh praktisi mengajar ini ahli dibidang PR ini mahasiswa dapat membuat strategi Public Relations serta pengelolaan isu dan crisis dalam komunikasi, serta diharapkan mahasiswa mendapatkan gambaran dunia kerja Public Relations. (ADNR/ILKOM)