22 Oktober 2022 tepatnya di Auditorium
Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Ilmu Komunikasi UMJ Kembali mengadakan
pembelajaran. Menghadirkan praktisi mengajar yaitu Metha Tri Rizka seorang yang
ahli dibidang Media Relations, Community Relations Communication &
Negotiation, Corporate Comunications, dan Partnership. Beliau saat ini bekerja
pada multinational company yaitu IKEA sebagai Communication dan Public Relations Manager. Dalam kesempatan praktisi mengajar kali ini akan membahas “How to Deal
with PR Crisis” dengan membuat strategi Public Relations serta
pengelolaan issue dan krisis dalam komunikasi. Walaupun pembelajaran membahas
seputar PR, seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan berbagai konsentrasi dapat
menghadari pembelajaran oleh praktisi mengajar ini.
Dalam pembelajaran terhadap
mahasiswa praktisi mengajar Metha Tri Rizka memaparkan pentingnya bagi seorang PR memiliki
sense of crisis dan mengidentifikasi masalah apakah itu merupakan crisis
atau bukan, karena tidak setiap isu merukapan crisis. Beliau memberikan
gambaran real kejadian pada perusahaan dan bagaimana biasanya PR membuat
strategi menangani isu ataupun crisis tersebut. Disampaikan juga bahwa
penting bagi sebuah tim perusahaan untuk sejalan dengan apa yang sudah
disepakati terhadap strategi yang dibuat oleh PR perusahaan. Pada pembelajaran
ini Mahasiswa cukup antusias dengan memberikan pertanyaan yang menarik mengenai
beberapa isu perusahaan yang belum lama terjadi. Mereka ingin mengetahui dan
mendapat gambaran apa yang dilakukan oleh PR sebuah perusahaan pada saat menangani
crisis yang viral tersebut. Kemudian mahasiswa turut diajak berdiskusi
dengan diberikan penugasan singkat mengenai PR crisis dan bagaimana mereka dapat menangani crisis tersebut sebagai seorang PR. Hal ini dilakukan agar mahasiswa
dapat berpikir kritis dan berani mengambil keputusan. Diadakannya pembelajaran
oleh praktisi mengajar ini ahli dibidang PR ini mahasiswa dapat membuat
strategi Public Relations serta pengelolaan isu dan crisis dalam
komunikasi, serta diharapkan mahasiswa mendapatkan gambaran dunia
kerja Public Relations. (ADNR/ILKOM)