Tangerang Selatan, 18 Juni 2023 – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) FISIP UMJ mengadakan sebuah rangkaian acara besar tahunan, yakni Pekan HIMAKOM yang menjadi program kerja penutup pada akhir periode kepengurusan. Rangkaian acara berlangsung selama tiga hari mulai dari 16-18 Juni 2023 bertempat di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Acara yang diadakan merupakan implementasi dari tema yang diangkat yaitu “INDONESIA WALLS STREET”. Tema tersebut terinspirasi oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di Walls Street Amerika. Harapannya, acara ini dapat mendorong UMKM lokal berkembang pesat seperti yang ada di Walls Street. Pada acara ini HIMAKOM juga mengundang pelaku UMKM untuk menggelar produk-produknya di area bazar yang diselenggarakan di depan Gedung FISIP UMJ. Tidak hanya bazar, Pekan HIMAKOM juga menyelenggarakan lomba, pameran foto, Talkshow, dan Closing Ceremony yang diadakan pada hari terakhir.
Hari pertama dimulai dengan Pembukaan dan dilanjutkan dengan Talkshow of The Town yang membawa tema “Upgrade Your Skill for Society 5.0”. Talkshow ini ditargetkan untuk para pelaku UMKM disekitar Jakarta & Tangerang. Pada Talkshow ini HIMAKOM mengundang pembicara dari akademisi dan praktisi yang sudah memiliki pengalaman dalam mengelola sebuah usaha. Narasumber pertama yaitu Muhammad Nur Arfan, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UMJ sekaligus pelaku UMKM yang aktif dalam pemanfaatan teknologi untuk pemasaran usahanya. Dalam kesempatan tersebut, Arfan juga menunjukkan salah satu contoh video promosi untuk para audiens yang hadir pada Talkshow Talk of The Town. Narasumber kedua pada talkshow tersebut yaitu Dr. Oktaviana Purnamasari M.Si, akademisi sekaligus praktisi periklanan. Beliau meng-highlight bahwa Digital Marketing sebagai metode pemasaran dalam dunia usaha penting sekali dikuasai di era digitalisasi saat ini. Beliau juga menekankan bahwa modal kreatif menjadi keunggulan utama dalam menjalankan sebuah usaha.
Dalam rangkaian Talkshow, HIMAKOM juga mengundang narasumber dari Pemerintahan Kota Tangerang yaitu Bapak Ade Setiawan sebagai Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan dan Bapak Amin Nudin, Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM. Kedua narasumber menjelaskan penyebaran dan data UMKM di Kota Tangerang. Keduanya juga menjelaskan regulasi serta peraturan mengenai pendirian UMKM di Kota Tangerang Selatan dan visi misi serta arah kebijakan Pemkot Tangerang Selatan yang berpihak kepada pelaku UMKM.
Rangkaian dilanjutkan dengan penilaian lomba yang berlangsung selama dua hari. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan adalah lomba cipta puisi, desain poster, dan artikel opini yang juga mengangkat tema tentang UMKM serta kondisi perekonomian Indonesia. Hasil karya dari peserta pada tiga lomba tersebut juga di-publish di akun Instagram Pekan HIMAKOM. Pada dua hari terakhir, HIMAKOM juga menyelenggarakan Lomba E-sport: Mobile Legends. Lomba ini mulai menjadi lomba rutin yang menjadi ikon digitalisasi di dalam kompetisi pada Pekan HIMAKOM.
Rangkaian acara di hari terakhir menjadi ajang penutup dari tiga hari acara yang sudah berlangsung. Pada hari terakhir, HIMAKOM menyelenggarakan Pameran Foto Jurnalistik dari karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMJ. Pameran foto ini bertemakan “Human Interest” yang memfokuskan konsep foto yang identik dengan kegiatan manusia. Pameran ini juga menjadi ajang kompetensi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dalam menunjukkan hasil karyanya. Di hari terakhir tersebut HIMAKOM juga menggelar Closing Ceremony yang dihadiri band-band dari berbagai kampus serta penyanyi. Closing Ceremony Pekan HIMAKOM sekaligus dapat meramaikan bazar yang secara khusus sudah disiapkan pada penutupan acara.
Ketua Pelaksana Pekan HIMAKOM, Muhammad Bagas Abyantara berharap, dengan adanya acara yang mengangkat tema tentang kondisi sosial dan ekonomi Indonesia ini dapat menjadi pemantik inovasi dan langkah awal dalam upaya mendorong tumbuhnya kondisi ekonomi di Indonesia. Bagas juga menyatakan bahwa acara Pekan Himakom ini dapat menjadi wadah berekspresi, bertukar informasi, serta membangun kesadaran bahwa komunikasi digital menjadi sarana penting keberhasilan membangun sebuah usaha (Rabbani Alhanan Hassim/Ilkom).