Kuliah Pakar Kolaborasi Ilkom UMJ-UMKLA: Pentingnya Copywriting untuk Membangun Kesuksesan Brand
Berita ilkom - 08 April 2024
Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyambut baik kolaborasi dengan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA). Salah satu bentuk kolaborasi yang dimaksud adalah melalui penyelenggaraan Kuliah Pakar, yang pada Jumat 5 April 2024 berlangsung melalui platform zoom. 

Kuliah pakar ini dibuka oleh Dani Kurniawan, M.I.Kom, Kaprodi Ilkom UMKLA, dengan menghadirkan pembicara inti Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si, yang merupakan dosen Komunikasi konsentrasi Advertising sekaligus Kaprodi Ilkom UMJ. 

Pada sambutannya, Dani menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kolaborasi UMKLA-UMJ melalui kuliah pakar dan berharap kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara kontinyu di masa mendatang. Berkaitan dengan tema kuliah pakar yang diusung yakni Copywriting for Successful Branding, Dani menyampaikan bahwa kuliah pakar ini menjadi ajang belajar bagi mahasiswa untuk menggali lebih dalam apa itu Copywriting dan kaitannya untuk membangun brand yang sukses. 

Sementara itu, dalam paparannya Okta menjelaskan apa itu Copywriting, keterkaitannya dengan Branding dan perlunya Copywriting yang kuat untuk dapat membangun brand yang hebat. Okta menjelaskan konsep-konsep tersebut melalui contoh kasus beberapa brand yang sudah sukses melakukan brand building, baik brand lokal hingga global brand. 

Salah satu global brand yang diulas adalah Burger King yang menggunakan Headline dan Body Copy berbasis empati saat terjadinya Pandemi Covid-19, hingga kampanye Tuli Bersuara yang menyuarakan kepedulian untuk mempekerjakan karyawan tuli di gerai-gerai Burger King. Di jajaran brand lokal juga diulas Gojek yang kreatif dalam menyampaikan pesan iklannya dan BlueBird yang sukses menggunakan Copywriting berbasis empati guna mengantisipasi krisis yang sempat menerpa saat kemunculan pesaing berat di industri transporatasi online. 

Webinar yang berlangsung kurang lebih dua jam ini dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah Selain dosen dan mahasiswa UMKLA-UMJ, juga hadir mahasiswa dari UM Madiun, UM Bandung, UM Sidoarjo hingga UMMAH Aceh. 

Ke depan kolaborasi kuliah pakar seperti ini akan menjadi agenda penting yang dapat menjembatani kebutuhan pengetahuan komunikasi bagi para mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (APIK PTMA) (OV/ILKOM). 

Berita terkait bisa dilihat di sini