Mahasiswa Ilkom Pahami Penerapan Semiotika Dalam Riset Iklan Dengan Praktisi Mengajar
Berita ilkom - 06 December 2022
Selasa, 06 Desember 2022 kelas praktisi mengajar “Penerapan Semiotika dalam Riset Iklan” dengan dosen ahli Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn kembali diadakan  oleh Ilmu Komunikasi FISIP UMJ. Kegiatan ini diadakan pukul 13.00 WIB di Auditorium Kasman Sigodimedjo FISIP UMJ. Mahasiswa konsentrasi Advertising yang baru mulai belajar atau sedang melaksanakan riset iklan semiotika dapat mengikuti kelas praktisi mengajar ini agar mendapat insight saat akan atau sedang malakukan penelitian. Mereka juga berkesempatan untuk bertanya langsung mengenai kesulitan atau sesuatu yang tidak mereka mengerti mengenai topik penelitian yang sedang mereka laksanakan kepada dosen ahli Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn.
 
Jika dibandingkan dengan pertemuan sebelumnya, dalam kesempatan ini Dr. Arsa lebih banyak menunjukan studi kasus dibandingkan teori seperti sebelumnya. Dr. Arsa menjelaskan bahwa semiotika dapat dilakukan denhan dua arah. Penelitian semiotika dapat diawali dengan menentukan langsung objek penelitian kemudian dilakukan research atau dapat dibalik dengan melakukan research terlebih dahulu kemudian ditentukan objek penelitiannya.  Beliau juga menjelaskan bahwa peran semiotika dalam periklanan adalah juga untuk mengkomunikasikan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat, dan kepada orang yang tepat. Kata-kata, gambar, suara, Gerakan, dan objek semuanya adalah tanda untuk ditafsirkan. Analisis semiotika dapat menafsirkan masing-masing, kemudian menggunakan informasi itu nanti untuk membujuk konsumen.
 
Kegiatan praktisi mengajar dengan dosen ahli Widitiarsa Utoyo, M.Sn yang membahas “semiotika dalam riset iklan” masih terus berlanjut. Diharapkan dengan diadakan kegiatan ini, mahasiswa paham bagaimana penelitian semiotika terutama dalam riset iklan dilakukan dan dapat melakukan penelitian riset iklan dengan baik. (ADNR/ILKOM)