Mata Kuliah Perencanaan Media Periklanan Hadirkan Principal Partner Mediacom dalam Program Praktisi Mengajar
Berita ilkom - 02 November 2022
Pada Rabu, 2 November 2022 Prodi Ilmu Komunikasi memghadirkan Desniar Budi Nugroho yang merupakan praktisi advertising agency yang bergerak di bidang media untuk mengisi materi dalam mata kuliah Perencanaan Media Periklanan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Praktisi Mengajar yang digaungkan oleh Kemendikbud Ristek dan berlangsung di Auditorium Kasman Singodimedjo FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Desniar Budi Nugroho merupakan principal partner Mediacom Indonesia dan bagian dari WPP company. Dalam kesempatan kali ini beliau memberikam gambaran dunia kerja, agensi periklanan atau creative company serta perbandingan dunia periklanan saat ini dengan zaman dulu. Saat ini perkembangan media yang semakin cepat mempengaruhi periklanan yang semakin maju. Menurut Desniar, agency kini semakin berkembang. Agency yang tadinya hanya ada sedikit tipe, saat ini berkembang menjadi lebih dari 12 tipe spesialis di antaranya brand agency, creative agency, media agency, digital agency, social media agency, digital creative agency, public relation agency, KOL agency, activation agency, outdoor agency, SEM & SEO agency, and other agency. Namun pada kesempatan kali ini beliau lebih fokus menjelaskan mengenai dunia kerja pada media agency.

Dalam kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh Mahasiswa Advertising Prodi Ilmu Komunikasi UMJ namun juga pelajar yang ikut dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Salah satu diantaranya yaitu Sri Wahyuni yang merupakan mahasiswa Prodi Antropologi Sosial dari Universitas Khairun Ternate Maluku Utara. Dia menyampaikan kesan dari kuliah dengan praktisi iklan hari ini, “Karena saya berasal dari jurusan yang berbeda dengan ilmu komunikasi maka semua hal baru mengenai media periklanan ini menambah wawasan saya. Kalau biasanya saya belajar mengenai budaya di sini saya belajar media digital dan generasi pada era 4.0 ini”

Sebagai praktisi iklan Desniar juga menyampaikan kesan setelah menyampaikan materi kepada para mahasiswa, “Alhamdullilah berjalan dengan lancar, mahasiswa cukup antusias dan memberikan beberapa pertanyaan yang cukup kritis dan menjadi menjadi bahan diskusi.  Yang saya apresiasi dari prodi sendiri bahwa diadakannya kegiatan ini bisa mendukung lulusan untuk terjun di dunia kerja. Karena yang kita lihat dari sisi praktisi ada beberapa lulusan dari perguruan tinggi di kampus terkemuka bahkan, kadang-kadang tidak mengerti apa yang terjadi di dunia periklanan. Jadi kegiatan ini sangat menjembatani antara perkuliahan dengan para praktisi”. (ADNR/ILKOM)