MRadio Charity: Berbagi Kebahagian di Yayasan Rumah Sinergi Indonesia Bersama Bantu.id
Berita ilkom - 07 April 2024
Tangerang Selatan – Hari Jumat tanggal 29 Maret 2024 bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Mradio yang merupakan bagian dari Laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta kembali mengadakan kegiatan sosial (charity) di Yayasan Rumah Sinergi Indonesia yang berlokasi di Jl. Vila Dago Tol No.22, Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan ini memiliki tema “Mradio Charity : We Care, We Help, We Share” yang mana bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas, dan menikmati indahnya berbagi rezeki kepada teman-teman yang lebih membutuhkan.

Kegiatan MRadio Charity di dukung oleh Bantu.id dengan memberikan bantuan berupa 100 pack makanan berat. Bantu.id adalah sebuah platform donasi online yang menyediakan layanan kurban, zakat, sedekah, dan donasi. Bantu.id memiliki tujuan untuk menanamkan semangat gotong-royong dalam membantu saudara-saudara yang membutuhkan. 50 pack bantuan yang diberikan Bantu.id diberikan kepada anak-anak binaan Yayasan Rumah Sinergi Indonesia, dan 50 pack lainnya diberikan kepada pengguna jalan yang melintas di Lampu Merah Jalan Ciater. Teman-teman Mradio mendapatkan respon baik dari pengguna jalan yang mendapatkan makanan, dan selesai berbagi pada pukul 17.30.

Yayasan Rumah Sinergi Indonesia merupakan lembaga sosial berbadan hukum yang tergerak untuk memberikan kontribusi positif dan manfaat bagi masyarakat dan bangsa. “Awal berdirinya itu pertamanya saya dan dua orang teman ngin mempunyai manfaat untuk masyarakat sekitar akhirnya pada saat covid  kita buatlah Yayasan Rumah Sinergi Indonesia. Yang terdiri dari 3 kata yaitu Rumah yang artinya wadah, tempat, ataupun naungan. Sinergi yang artinya sebuah kolaborasi, dan Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik” kata Dicky selaku Tim bagian program Yayasan Rumah Sinergi Indonesia.

Kegiatan reguler yang diadakan Yayasan Rumah Sinergi Indonesia cukup bervariasi, bantuan yang diberikan kepada masyarakat dapat berupa jasa maupun materi seperti sembako dan beasiswa. Terkait dengan jangkauan massa yang dibantu, terdapat dari kalangan anak-anak, remaja, hingga lansia. Beberapa kegiatannya seperti Serambi Ceria (santunan kepada anak yatim & dhuafa), Sinergi Membangun Indonesia,Teras Berbagi (berbagi nasi kotak), Sekolah Tunas Sinergi yang merupakan sekolah informal untuk anak-anak yatim, piatu, dan dhuafa di lingkungan sekitar Tangerang Selatan, juga kegiatan bakti sosial pada bidang kesehatan berupa cek mata gratis dan bantuan alat kesehatan di posyandu/puskesmas.

Teman-teman MRadio mengadakan beberapa kegiatan yang tentunya menghibur anak-anak sambil mengisi waktu sebelum berbuka puasa. Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 dengan perkenalan dan dongeng cerita islami yang dibawakan oleh Saddam dan Shafira selaku MC, dongeng yang diceritakan yaitu tentang ajakan untuk mengetahui pentingnya bersabar dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan. Kemudian kegiatan selanjutnya adalah lomba mewarnai yang dimenangkan oleh Raihan dan Aliyah, anak-anak lain ikut memeriahkan kemenangan mereka dan saling mendukung satu sama lain.
Saddam dan Shafira juga memberikan quiz berhadiah mengenai pengetahuan agama islam, contohnya seperti menyebutkan rukun iman dan rukun islam, doa-doa ketika berpuasa, dan pertanyaan seputar Bulan Ramadhan lainnya. Ice breaking juga dibawakan oleh Saddam dan Shafira seperti tebak kata berkelompok dan tes konsentrasi, seluruh anggota Mradio yang hadir juga ikut memeriahkan acara agar dapat menambah keseruan dan kebahagiaan adik-adik binaan Yayasan Rumah Sinergi Indonesia. Kegiatan selesai pada pukul 17.00, kemudian ditutup dengan pembagian sembako, makanan berat, dan snack, tak lupa teman-teman Mradio untuk berfoto bersama dengan adik-adik dan pengurus Yayasan Rumah Sinergi Indonesia (MRadio/ILKOM).