Muhammad Reyhan Fadillah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Angkatan 2017 memenangkan Digital Art Competition yang diadakan oleh PT. Sarana
Multi Infrastruktur (Persero) Bersama SRUPA. Kompetisi ini diadakan dalam
rangka kampanye dan sosialisasi kepada publik mengenai transisi energi dan
transformasi digital untuk mendukung agenda prioritas Presidensi G20. Seperti
diketahui, Presidensi G20 diselenggarakan dengan mengusung tiga topik utama
yaitu transisi energi yang berkelanjutan, transformasi digital dan ekonomi,
serta arsitektur kesehatan global.
Digital Art Competition – Road to G20 ini mengambil
tema “Energi Ramah Lingkungan” berlangsung dari tanggal 25 Juli-13 Agustus
2022. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 285 peserta dari seluruh Indonesia
dengan total hadiah senilai Rp 30 juta. Tanggal 19 Agustus 2022 kompetisi resmi
berakhir dengan diumumkannya 15 pemenang yang terdiri dari 3 juara utama dan 12
juara favorit. Dewan juri terdiri dari illustrator dan creator
yang berkompeten di bidangnya.
Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas
Muhammadiyah Jakarta, Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si menyatakan, “Prodi Ilmu
Komunikasi sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti berbagai lomba di tingkat
nasional maupun internasional. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Reyhan
Fadillah yang sudah menjadi pemenang pertama Digital Art Competition – Road to
G20. Karya Reyhan sangat bagus, dengan judul “Eco Fun Energy”. Komposisi warna,
desain dan bentuk berupa simbol-simbol visual menyatu dan selaras dengan tema
yang diusung oleh panitia. Tak heran kalua Reyhan menjadi juara pertama. Ini
merupakan kebanggan untuk Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, karya mahasiswanya menjadi
pemenang utama di kompetisi tingkat nasional.”
Kegiatan ini tidak hanya menyasar para pelaku
industri kreatif yang memiliki kemampuan menggambar digital, tetapi juga
literasi teknologi digital kepada para pelaku UMKM, yang memiliki keterbatasan
pengetahuan untuk mengemas produk secara menarik ataupun memasarkan produk
secara digital sebagai alternatif media pemasaran lainnya di luar format
pemasaran yang konvensional. Adapun hasil karya para pemenang Digital Art
Competition akan diaplikasikan dalam sebuah gambar pada produk-produk lokal
yang melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ataupun para
pemuda yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.