Mahasiswa Ilmu Komunikasi Menangkan Digital Art Competition 2022
Berita ilkom - 31 August 2022
Muhammad Reyhan Fadillah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 memenangkan Digital Art Competition yang diadakan oleh PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Bersama SRUPA. Kompetisi ini diadakan dalam rangka kampanye dan sosialisasi kepada publik mengenai transisi energi dan transformasi digital untuk mendukung agenda prioritas Presidensi G20. Seperti diketahui, Presidensi G20 diselenggarakan dengan mengusung tiga topik utama yaitu transisi energi yang berkelanjutan, transformasi digital dan ekonomi, serta arsitektur kesehatan global.

Digital Art Competition – Road to G20 ini mengambil tema “Energi Ramah Lingkungan” berlangsung dari tanggal 25 Juli-13 Agustus 2022. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 285 peserta dari seluruh Indonesia dengan total hadiah senilai Rp 30 juta. Tanggal 19 Agustus 2022 kompetisi resmi berakhir dengan diumumkannya 15 pemenang yang terdiri dari 3 juara utama dan 12 juara favorit. Dewan juri terdiri dari illustrator dan creator yang berkompeten di bidangnya.

Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si menyatakan, “Prodi Ilmu Komunikasi sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti berbagai lomba di tingkat nasional maupun internasional. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Reyhan Fadillah yang sudah menjadi pemenang pertama Digital Art Competition – Road to G20. Karya Reyhan sangat bagus, dengan judul “Eco Fun Energy”. Komposisi warna, desain dan bentuk berupa simbol-simbol visual menyatu dan selaras dengan tema yang diusung oleh panitia. Tak heran kalua Reyhan menjadi juara pertama. Ini merupakan kebanggan untuk Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, karya mahasiswanya menjadi pemenang utama di kompetisi tingkat nasional.”

Kegiatan ini tidak hanya menyasar para pelaku industri kreatif yang memiliki kemampuan menggambar digital, tetapi juga literasi teknologi digital kepada para pelaku UMKM, yang memiliki keterbatasan pengetahuan untuk mengemas produk secara menarik ataupun memasarkan produk secara digital sebagai alternatif media pemasaran lainnya di luar format pemasaran yang konvensional. Adapun hasil karya para pemenang Digital Art Competition akan diaplikasikan dalam sebuah gambar pada produk-produk lokal yang melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ataupun para pemuda yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.