Sharing Session Tata Kelola Prodi Ilmu Komunikasi Bersama Ketua APIK PTMA
Berita ilkom - 21 July 2024
Tangerang Selatan - Dalam rangka mempersiapkan akreditasi unggul dan evaluasi kurikulum, Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengundang Ketua Asosiasi Prodi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APIK PTMA) Dr. Choirul Fajri, MA yang sekaligus dosen Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 

Sharing session bertajuk " Tata Kelola Prodi dan Kurikulum untuk Menyiapkan Mahasiswa yang Kompetitif di Industri Komunikasi" dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2024 bertempat di Lantai 2 Gedung FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Dekan 1 Dr. Fal. Harmonis, M.Si, Kaprodi Ilmu Komunikasi Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si, Sekprodi Jamiati KN, S.I.Kom, serta pada dosen Ilkom UMJ. Juga hadir tamu undangan Dr. Farida Hariyati, Wakil Dekan 1 UHAMKA dan Dr. Mirza Shahreza Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang. Sharing Session ini dilaksanakan secara hybrid melalui platform zoom sehingga dihadiri pula oleh anggota APIK PTMA dari seluruh Indonesia, di antaranya dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Buton, Universitas Muhammadiyah Bandung hingga Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh. 

Pada paparannya Choirul Fajri mengulas pentingnya pembekalan skill bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja dan industri dengan pembekalan soft skill maupun hard skill. Penguatan ini penting guna mengurangi gap atau ketimpangan antara kebutuhan industri akan lulusan yang berkompeten dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa. Selain itu Fajri juga membahas lebih detil tata kelola prodi yang berbasis pada capaian Outcome Based Education, serta penerapan tugas akhir karya bagi mahasiswa sebagai salah satu alternatif untuk mendekatkan lulusan pada dunia industri (OV/ILKOM).