Ilkom UMJ Visit to Air Asia Indonesia
Berita ilkom - 03 June 2024
Dalam rangka menunjang mata kuliah Media Relations mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta menyelanggarakan kunjungan industri bertajuk  Visit to Air Asia Indonesia, Selasa, 21 Mei 2024.  Kunjungan ini diterima baik oleh Tim Air Asia Indonesia dan dihadiri oleh dosen pengajar Public Relations Istisari Bulan Lageni, S.Sos, M.I.Kom dan Winda Dwi Astuti Zebua, S.Kom.I, M.Si serta 70 orang mahasiswa. Acara berlangsung selama 2,5 jam dan diawali dengan sambutan dari Nur Edi Satrio selaku Head of People & Culture, kemudian dilanjutkan sambutan dari dosen Public Relations Universitas Muhammadiyah Jakarta Winda Dwi Astuti Zebua, S.Kom.I, M.Si.
 
Dalam kunjungan tersebut dijelaskan perjalanan bisnis Air Asia oleh Corporate Communication Air Asia. Diawali di September 1999 di dengan nama PT. AWAIR Internasional dan kemudian di tahun 2004 Air Asia mengambil alih dan mengubah positioning-nya menjadi Low Cost Carrier Airlines sebagai PT. Indonesia Air Asia. Beroperasi pertama kali di tanggal 1 Desember 2005, hingga saat ini Air Asia telah mempunyai 26 pesawat. Semenjak Covid-19 penerbangan mulai menurun sehingga menyebabkan beberapa kendala. Pada paparannya, Corporate Communication Air Asia juga memberikan materi tentang Media Relations, bagaimana cara menghadapi isu ataupun krisis serta membina hubungan baik dengan media. Menurutnya, terdapat 6 langkah Air Asia dalam melaksanakan media relations, yakni:
1. Know your media
2. Build Rapport and trust
3. Communicate consistently
4. Nurture the relationship
5. Be responsive & respect them
6. Don’t use media as a tool.
Acara ini ditutup dengan closing statement dari Bruce Jeffries-Fox, “News coverage does have an impact over and above advertising.” Liputan berita memang mempunyai dampak melebihi dari iklan, di mana orang-orang lebih percaya berita dibandingkan dengan periklanan. Hal itulah yang membuat media relations sangat penting dilakukan agar pers atau media mau menuliskan berita yang dapat memperbaiki atau mendongkrak citra perusahaan (IT/ILKOM).